Danau Linting

Salah satu objek wisata yang menyimpan keindahan dan misteri yaitu Danau Linting yang terletak di Kabupaten Deli Serdang.

Pesona alam Indonesia memang tidak pernah habisnya untuk dibahas. Jika dibandingkan dengan negara lain Indonesia memiliki destinasi wisata alam keren yang menarik sekali untuk dikunjungi.

Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Danau Linting Deli Serdang. Danau terindah yang letaknya cukup tersembunyi tersebut menawarkan keindahan yang tiada tara.

Tidak hanya memiliki alam yang begitu asri, tetapi di sekitar danau ternyata juga banyak sekali berjajaran tempat makan yang menyediakan beragam menu hidangan yang enak dan menggugah.

Berkunjung ke Danau Linting Deli Serdang yang ada di Sumatera Utara Anda juga bisa sekalian berwisata kuliner.

Namun meskipun demikian fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata Sumatera Utara ini juga sangat terbatas sekali. Karena memang pengelolaan destinasi wisata tersebut sepenuhnya masih dilakukan oleh masyarakat setempat.

Berbeda dengan danau-danau pada umumnya, Danau Linting Deli Serdang memiliki keunikan tersendiri, yakni warna air danau yang terlihat berubah-ubah antara biru dan hijau.

Sejarah Danau Linting Deli Serdang

via : tdzikri

Asal usul terbentuknya Danau Linting Deli Serdang yang saat ini menjadi destinasi wisata di Sumatera Utara terindah, yang menarik untuk dikunjungi adalah kawah atau sebuah retakan dari peristiwa vulkanik di masa lampau.

Hal tersebut menjadi bukti dari kadungan belerang yang ada di danau tersebut sangat tinggi, sehingga baik dijadikan sebagai obat mujarab. Tak ayal jika pada akhirnya banyak pengunjung yang berendam di danau tersebut untuk mendapatkan khasiat dan manfaatnya.

Pada suatu hari dalam hitungan detik terasa ada sebuah getaran yang dahsyat hingga dalam beberapa bulan saja bukit tersebut berubah menjadi danau. Hal paling istimewa dari pesona yang ditawarkan Danau Linting Deli Serdang tersebut adalah keindahan airnya yang berwarna biru kehijauan.

Sebab dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun sehingga menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri, Anda pastinya akan dibuat nyaman dan betah berlama-lama di tempat tersebut.

Meskipun tidak sepopuler Danau Toba, tetapi Danau Linting Deli Serdang ini tetap menarik dan memiliki pesona yang tidak kalah indahnya.

Danau berair panas tersebut juga tidak berbau belerang sehingga Anda akan tetap nyaman saat berendam atau berenang.

Namun demikian, Anda tetap disarankan untuk berhati-hati lagi saat berenang di danau tersebut, sebab Danau Linting Deli Serdang dikenal sebagai danau yang cukup dalam.

Misteri Danau Linting Deli Serdang

Danau Linting Deli Serdang sebenarnya merupakan salah satu destinasi wisata baru di Sumatera Utara, sebab baru dibuka sekitar 2 tahun belakangan ini.

Tidak hanya menyuguhkan pesonanya yang indah dan menawan, danau tersebut ternyata juga menyimpan sebuah misteri. Adanya keberadaan hal-hal mistis yang tidak masuk di akal memang cukup kental sekali terasa, seperti kasus hilangnya seorang anak kecil dan baru ditemukan 3 hari setelahnya.

Selain itu keberadaan danau tersebut sampai sekarang masih jadi misteri, apalagi sumber air panasnya yang tidak pernah surut. Bahkan sampai sekarang masih ada banyak peneliti masih bekerja untuk mengamati dan melakukan beberapa analisa dari mana asal muasal objek wisata di Sumatera Utara satu ini.

Legenda Danau Linting Deli Serdang

Danau vulkanik yang saat ini tingkat kedalaman masih belum diketahui tersebut ternyata menyimpan legenda yang cukup menarik sekali untuk dibahas.

Tidak heran jika para pengunjungnya sangat disarankan sekali untuk mematuhi aturan-aturan masyarakat dan etika di sekitar danau.

Selain itu, karena tingkat kedalaman danau ini sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti, jadi buat Anda yang ingin berenang di tempat tersebut Anda disarankan untuk tidak berenang sampai ke tengah danau.

Menurut cerita warga setempat, Danau Linting di Sumatera Utara ini awalnya hanya berupa gundukan-gundukan perbukitan yang secara tiba-tiba alami getaran yang sangat dahsyat, hingga akhirnya meletus dengan suara ledakan begitu kencang.

Peristiwa tersebut kemudian mengubah gundukan perbukitan menjadi sebuah cekungan yang sekarang jadi lokasi wisata Danau Linting. Memiliki warna air yang begitu menggoda, mata Anda pastinya akan sangat dimanjakan sepanjang memandang.

Kedalaman Danau Linting Deli Serdang

Meskipun berada di wilayah yang cukup tersembunyi tetapi pesonanya tidak kalah indahnya dari Danau Toba yang juga sama-sama berada di Sumatera Utara. Uniknya, air Danau Linting ini  berasal dari dua sumber mata air, yakni air panas dari aliran belerang dan air tawar, sehingga hal tersebut menjadikan suhu air di Danau Linting terasa hangat.

Kabar baiknya, dengan berendam di danau ini Anda akan mendapatkan khasiat dan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Lalu untuk kedalamannya sendiri, ternyata sampai saat ini belum ada yang berhasil mengukur kedalaman danau yang penuh misteri tersebut. Bahkan ada pula yang bilang kalau warna hijau toska dari danau tersebut dikarenakan tingkat kedalamannya.

Terdapat pembatas area dangkal dengan area yang aman untuk dijadikan sebagai tempat berenang dan berendam yang ditandai dengan timbunan pasir di tepi kolam.

Sementara itu untuk area yang hijau, para pengunjung yang belum mahir berenang sangat tidak disarankan untuk berenang ke tempat tersebut. Pernah ada seorang peneliti asing yang mencoba mengukur tingkat kedalaman Danau ini dengan cara manual.

Tetapi pada kenyataannya setelah menghabiskan hingga 3 gulung benang sepanjang 100 meter, namun belum juga kunjung menyentuh dasar danau.

Fasilitas di Danau Linting Deli Serdang

Seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa fasilitas yang ada di objek wisata Sumatera Utara ini masih sangat minim sekali.

Di tempat tersebut Anda bisa menemukan kamar mandi umum, mushola, area parkir, dan beberapa tempat makan yang berjajaran di tepian danau.

Sebab suasananya yang rindang, beberapa warga setempat juga ada yang menyewakan tikar agar bisa digunakan para pengunjung untuk bersantai di bawah pepohonan.

Harga tikar yang bisa disewa sekitar Rp 10-20 ribu rupiah, tergantung ukuran tikar yang akan Anda sewa. Selain itu, di tepian danau juga terdapat ayunan yang sering kali dijadikan sebagai spot foto yang keren.

Alamat Lengkap Danau Linting Deli Serdang

Danau Linting daerah mana? Lokasi objek wisata alam di Sumatera Utara ini tepatnya ada di desa Sibunga-bunga, kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM), Deli Serdang, Sumatera Utara.

Mendapat sebutan sebagai ‘Danau Linting Tiga Juhar’ sebab pada dasarnya danau tersebut berada di tiga desa, yakni desa Sibunga-bunga, Gunung Manumpak, dan desa Durian IV Mbelang.

Rute menuju lokasi wisata Danau Linting tersebut membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam dan dengan jarak sekitar 70 km dari kota Medan.

Sebab, lokasinya yang memiliki banyak jalan persimpangan, plus kurangnya papan petunjuk arah sehingga Anda disarankan untuk mengakses Google Maps dengan sesekali memeriksa titik koordinat 3.229593, 98.7235657.

Ada dua rute yang bisa ditempuh untuk menuju ke Danau Linting, yakni rute yang pertama adalah melewati Delitua-Patumbak-desa Talun Kenas-Siguci-Kurajurung-Tiga Johar.

Tidak lama kemudian Anda akan menjumpai desa Durian IV Mbelang-Gunung Manumpak-desa Sibunga-bunga. Lalu untuk rute kedua adalah dengan melewati Simpang Terminal Amplas-desa Talun Kenas-desa Siguci-kota Jurung-desa Sibunga-bunga.

Itu dia salah satu tempat wisata yang ada di Deli Serdang yang bisa dijadikan referensi wisata bersama keluarga dan orang yang dicinta. Nantikan informasi menarik sebuah traveling lainnya hanya di Pigimain. Semoga Bermanfaat~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
BACA YUK!

Taman Air Percut

Salah satu tempat wisata keluarga yang asik dan terletak di Kabupaten Deli Serdang adalah Taman Air Percut Deli…